Cara Menghemat Biaya Pernikahan


Dear capeng...
Resepsi pernikahan memang benar - benar menguras energi, pikiran, dan biaya. Nah untuk itu kita perlu melakukan penghematan karena setelah pernikahan banyak biaya yang akan kita keluarkan.
Berikut adalah hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penghematan biaya pernikahan kita adalah :

1.     Jumlah Undangan
Bijaksanalah dalam menentukan jumlah undangan. Ini penting karena jumlah undangan akan berpengaruh pada biaya cetak undangan, konsumsi/catering, souvenir dan tentu saja kapasitas ruangan yang kita gunakan.

2.     Lokasi Pernikahan / Resepsi
Lokasi resepsi tidak harus selalu di gedung, jika memungkinkan untuk melaksanakan resepsi di rumah kenapa tidak? Tentunya akan menghemat biaya gedung, dekorasi dan transportasi (sewa mobil pengantin dan transportasi keluarga).
Jika rumah tidak memungkinkan, aula pun bisa disulap menjadi tempat resepsi yang menawan dengan dekorasi yang baik. Jika tetap pada pilihan sewa gedung maka lebih baik usahakan agar riasnya sekalian di gedung.

3.     Konsumsi / Catering
Konsumsi, pilihlah paket menu makanan yang sesuai dengan budget anda. Kosultasikan dengan catering mengenai berapa paket yang seharusnya anda pilih untuk prasmanan dan pondokan dengan jumlah undangan yang ada. Memasak hidangan sendiri dengan menggunakan jasa tukang masak, tentunya akan menghemat biaya konsumsi, tetapi mungkin akan sedikit repot dan sering kali sedikit acak – acakan karena kurangnya tenaga bersih – bersih dan dalam penataan. Dewasa ini banyak tersedia catering dengan harga miring tapi bagus dalam kualitas. Benar – benar perhatikan catering yang akan digunakan. Jika perlu ikuti test menu yang diadakan oleh pihak catering.  Karena makanan itu merupakan hal penting dan menjadi perhatian utama tamu undangan.

4.     Transportasi
Transportasi. Mobil pengantin dan keluarga tidak perlu menyewa. Manfaatkanlah keluarga, relasi  dan tetangga anda yang memiliki mobil. Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan untuk biaya bensin, tapi dapat memangkas biaya sewa mobil.

5.     Menentukan Jadwal Hari Akad Dengan Resepsi
Menyatukan hari akad dengan resepsi. Hal ini tentu saja akan menghemat biaya konsumsi, sewa tenda, dekorasi, make up, sewa baju, sound system dan bahkan biaya loss listrik. Plus lebih nyaman bagi pengantin dan keluarga, karena capek dan repot nya diakumulasi dalam satu hari.

6.     Baju Pengantin
Menyewa baju pengantin, saat ini banyak salon yang menyewakan baju pengantin yang modern dan up todate. Hal ini tentunya akan mengurangi budget pembuatan baju pengantin yang lumayan mahal, yang mungkin hanya kita pakai sekali…

7.     Dekorasi Pernikahan
Pilihlah dekorasi yang simple, item gebyok misalnya, keren juga lho klo diganti sama bamboo… dan lebih hemat tentunya… Tidak perlu jor – joran dalam dekorasi. Standar saja dalam memilih dekorasi. Pelaminan berbunga, bunga lorong ( karpet ) itu sudah cukup… Karena memperhatikan dekorasi itu hanya sekian % diperhatikan oleh tamu undangan.

8.     Live Music
Resepsi pernikahan memang paling afdhol kalau diiringi dengan music, tidak harus live music seperti band atau organ tunggal lho… iringan music dari CD atau kaset juga seru kok, jangan lupa pilih list lagunya… jangan sampai ada lagu patah hati di hari resepsi anda … Jika menggunakan iringan solo organ menurut saya tidak perlu yang mahal – mahal. Asalkan bagus penampilannya dan suaranya tidak seperti dangdutan dari kampung sebelah it’s OK. Karena ketika dalam suatu pesta biasanya ‘ suara music tidak kedengaran “ dalam arti biasanya undangan yang datang hanya untuk mendengarkan musiknya. Kecuali calon pengantin lain yang memang sedang hunting solo organ. Coba bayangkan ketika diri kita hadir dalam suatu pesta, apakah kita benar – benar mendengarkan musiknya? Yang penting asal tidak mengganggu telinga aja musiknya itu sudah cukup.

9.     Wedding Organizer
Penggunaan jasa WO atau Wedding Organizer memang sangat membantu dalam mempersiapkan pernikahan, namun jika budget terbatas anda bisa membuat WO sendiri dengan memberdayakan keluarga dan kerabat terdekat anda untuk membantu mempersiapkan pernikahan. Tidak sulit kok, hanya saja memang membutuhkan waktu dan kesabaran.

10. Souvenir
Bijaklah dalam memilih souvenir. Saat ini pilihan souvenir sudah sangat beragam dan harganya juga banyak yang terjangkau, pilihlah yang sesuai dengan budget dan tema pesta anda. Tidak perlu souvenir yang lucu – lucu tapi harganya mahal.

11. Dokumentasi
Dokumentasi sangat penting karena dalam sebuah pesta yang masih tersisa ya..dokumentasi saja. Kalo menurut saya dokumentasi Photo yang utama. Jadi jika ingin menghemat biaya bisa tanpa menggunakan video. Pilihlah Photographer yang bagus dan tepat waktu dalam penyelesaiannya. Biasanya maksimal batas waktu penyelesaian itu sekitar satu bulan setelah hari H.

12. Tutup Mata & Telinga
Jangan pedulikan omongan kanan kiri ( keluarga besar ) yang ikut campur karena kita menggunakan duit kita sendiri jadi kita harus bijaksana menggunakannya. Jangan mudah gonta ganti vendor apalagi jika sudah membayar DP. Tutup mata saja dan lanjutkan ke checklist berikutnya. Janganlah berharap dengan angpau untuk menutup biaya pernikahan. Karena nggak ada 50% dari angpau bisa untuk menutup biaya pernikahan kita, dapat 30% dari biaya yang kita keluarkan aja sudah bersyukur kita.


Ingatlah setelah pesta pernikahan ada babak baru dalam hidup kita yang membutuhkan biaya yang besar. Buat DP rumah, beli peralatan rumah tangga, dll. So bijaksanalah dalam pengeluaran kita…